10 Tips dalam memilih tema WordPress yang tepat untuk website Anda

Berdasarkan halaman WordPress About, lebih dari 35% situs web di luar sana dibangun di atas CMS yang terkenal. Dan ini tidak mengherankan karena situs web WordPress menggabungkan kesederhanaan, fleksibilitas, fitur penerbitan, pengguna, dan manajemen media.

Mencari tema WordPress yang tepat untuk situs Anda bisa menjadi proses yang luar biasa dan menghabiskan waktu. Lingkungan online memiliki sejumlah besar premium, serta templat gratis, yang memanjakan mata Anda, dan keputusan sulit diambil. Judul besar & tebal, header dan footer yang mengesankan, corak berwarna, bentuk asimetris, blok modal, menu fleksibel, animasi, dan apa lagi?

Sebelum terpesona oleh visual, penting untuk juga memahami teknis, bagian situs web yang tidak begitu dikenal. Ketika Anda mendapatkan tema WordPress yang indah, Anda juga menerima paket fitur (menakutkan pada pandangan pertama) yang perlu Anda kuasai sebelum membuat gelombang online. Dalam artikel ini, saya akan menyajikan 10 kiat yang paling dicari dalam memilih tema WordPress yang tepat untuk blog atau situs web Anda.

Tentang apa situs web Anda?
Jadi, Anda punya hobi. Atau, ide situs web. Apakah ini akan berhasil? Apakah ini akan terlihat bagus? Apakah orang akan kembali untuk melihat info lebih lanjut? Bagaimana cara membangun komunitas di sekitar situs saya? Ya, ini hanya beberapa pertanyaan yang mungkin sudah ada di pikiran Anda.

Tetapi pertama-tama, ketika memulai situs web baru, Anda perlu menjernihkan pikiran dan menuliskan apa sebenarnya yang dimaksud. Apa yang akan Anda terbitkan? Jenis konten apa? Apakah itu blog untuk bepergian, atau blog kecantikan? Atau mungkin itu toko perhiasan? Apa pun subjeknya, Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan introspeksi dan membuat catatan.

Jika Anda sudah memiliki situs web dan ingin mengubah tema Anda, itu selalu merupakan ide yang baik untuk menganalisis tujuan situs Anda dan kepada siapa Anda mengatasinya.

Kenali audiens Anda
Penonton mewakili aset yang paling berharga bagi Anda. Segala sesuatu yang Anda optimalkan di situs web saling terhubung dengan audiens Anda. Konten untuk mereka, dari Anda. Tampilan keseluruhannya adalah untuk menarik pengunjung dan membuat mereka tetap terlibat.

Jika Anda sudah memiliki situs, itu artinya Anda mengenal audiens Anda atau memang sudah seharusnya. Mungkin Anda menggunakan Google Analytics, Semrush, Ahrefs, dan alat lain untuk memantau lalu lintas situs web. Sudahkah Anda melakukan profil pelanggan Anda?

Jika tidak, Anda pasti harus memahami dan mengumpulkan data untuk mengetahui apakah audiens Anda terdiri dari wanita atau pria, usia, lokasi, dan sumber lalu lintas. Tentu saja, ada serangkaian informasi lain seperti rasio pentalan, waktu di halaman, dan sebagainya yang membantu, Anda memproses bagaimana audiens memandang situs web Anda.

Apa persyaratan situs Anda?
Usability.gov menggambarkan persyaratan situs sebagai “daftar fungsi, kemampuan, atau karakteristik yang diperlukan yang terkait dengan situs web Anda dan rencana untuk membuatnya”. Menurut praktik UX terbaik mereka, Anda harus menetapkan persyaratan bisnis, pengguna, fungsional, kualitas layanan, dan implementasi.

Selain fungsionalitas situs web, Anda perlu mengetahui jenis konten apa yang akan Anda sertakan, dan fungsi tambahan apa yang Anda perlukan. Di sini, saya merujuk pada plugin tambahan, yang tidak selalu merupakan ide yang bagus. Mereka dapat membuat konflik dengan tema yang dipilih. Untuk menghilangkan kemungkinan ini, Anda harus fokus pada tema yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Dengan cara ini, Anda tidak akan mendapatkan kecepatan dan kinerja situs web Anda dipengaruhi oleh beberapa plugin.

Tema fitur ringan atau yang membahas subjek apa pun?
Saya sebutkan di atas bahwa web memiliki banyak tema WordPress gratis dan premium yang dapat Anda pilih. Selain itu, untuk tema gratis, ada repositori WordPress, yang mungkin menjadi pilihan terbaik. Ketika tema gratis dikirimkan oleh penulis, mereka harus disetujui oleh tim peninjau tema WordPress. Ada seluruh proses di sana.

Sedangkan untuk tema premium, Anda mungkin ingin meneliti pasar spesifik, seperti Envato, Themeforest, Tema Elegan, Studio Press, Pasar Mojo, Pasar Kreatif, Tema Woo, Monster Template, Tema Tinta, dan banyak lagi.

Dengan serangkaian kemungkinan ini, Anda harus fokus pada tema yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, berdasarkan profil situs web: blog perjalanan, presentasi bisnis, situs web medis, eShop, atau lainnya. Jika situs web Anda menyertakan konten berdasarkan beberapa domain seperti portal berita online atau majalah, yang terbaik adalah memilih tema WordPress yang mencakup subjek apa pun dan tetap berkinerja pada standar terbaiknya. Tema fitur yang ringan membutuhkan plugin tambahan, dan tidak ada yang ingin mengacaukan situs web dengan potongan kode yang tidak perlu, kan?

Apakah Anda menjadi pengeditan frontend atau backend?
Jika ini adalah interaksi nomor satu Anda dengan situs web dan tema WordPress, maka Anda harus mengetahui perbedaan antara pengeditan frontend dan backend.

Saat ini, situs web cenderung responsif pada perangkat layar apa pun, karena tingginya jumlah orang yang menggunakan tablet atau ponsel pintar mereka yang menjelajahi online, alih-alih desktop. Untuk mengelola ini dengan mudah, Anda harus memilih untuk mengedit frontend. Anda akan melihat setiap perubahan secara real-time sambil menyeret dan menjatuhkan elemen ke halaman Anda. Ini adalah cara tercepat untuk membuat tata letak responsif yang terlihat luar biasa di semua perangkat.

Sementara itu, pengeditan backend memberi Anda fungsionalitas yang buruk. Anda harus terus membalik dari backend ke frontend untuk melihat perubahannya. Jadi, pada dasarnya, Anda mendesain situs Anda di backend, tanpa benar-benar mengendalikan visual. Juga, ini adalah proses yang memakan waktu.

Demo
Mayoritas pengguna WordPress baru tidak mengerti apa yang sebenarnya mewakili demo. Biasanya, pasar menampilkan tema bersama dengan presentasi yang indah. Mereka juga menempatkan tautan ke demo default, yang merupakan keseluruhan situs web yang telah dibuat oleh pengembang tema. Desain demo dibangun oleh potongan-potongan fungsionalitas, tata letak yang menyenangkan, semua berdasarkan studi UX dan UI. Anda dapat menemukan subjek demo, termasuk cryptocurrency, berita, mode, bisnis, olahraga, dan apa lagi. Dengan demo yang diaktifkan, Anda hanya perlu menambahkan konten Anda sendiri.

Templat desain yang dibuat sebelumnya
Dengan dunia teknologi berkembang cepat, dan dengan orang-orang sibuk dengan banyak hal, waktu adalah sumber daya yang mahal. Karena itulah penulis tema WordPress cenderung membuat templat desain yang dibuat sebelumnya untuk meminimalkan waktu yang dihabiskan untuk membuat situs web. Lebih mudah untuk menetapkan tata letak beranda, halaman penulis, gaya pos dari galeri ribuan pilihan.

Beberapa pilihan desain khusus
Desain web adalah sumber berkesinambungan dari seni, ide-ide modern, dan inspirasi. Tema WordPress dengan opsi yang berhubungan dengan desain campuran patut Anda perhatikan. Dengan bantuan tema yang disesuaikan, Anda dapat membuat gaya situs web Anda tanpa perangkat lunak tambahan untuk menyesuaikan gambar, video, atau tata letak.

Beberapa opsi ini terkait dengan tipografi, gradien, duoton, efek hover, mode campuran, animasi pada tombol, dan tentu saja, kemungkinan tak terbatas untuk membuat tata letak khusus. Dengan menggunakan opsi desain canggih, Anda dapat mengatur tren sehingga orang dengan mudah mengenali situs web Anda.

Dapat dipercaya
Tema WordPress yang dapat dipercaya adalah tentang produk dan pengembang webnya. Anda dapat mengandalkan tema yang otentik, banyak akal, dengan pembaruan rutin, dan yang telah ada di pasaran selama beberapa waktu. Untuk memeriksa apakah suatu tema layak Anda percayai, Anda harus memeriksa pendapat pelanggan melalui ulasan dan komentar pada semua platform yang tersedia.

Jangan lupa bahwa biasanya ada produk yang menjadi populer dengan berlalunya waktu dan banyak kerja keras, dan yang lain mencoba mengikuti resep yang sama. Anda mungkin pernah melihat tema yang mirip.

Pilih penyedia hosting Anda dengan bijak
Ada beberapa hal yang perlu dilihat ketika mempertimbangkan penyedia hosting untuk menyimpan situs web Anda. Pertama-tama, Anda harus meneliti mereka yang menyediakan paket hosting WordPress. Kemudian, Anda harus memutuskan mana yang paling dapat diandalkan untuk Anda dalam hal kecepatan, keamanan, dan dukungan. Selain itu, penting untuk memperhatikan detail seperti penyimpanan, penyimpanan bandwidth, dan skalabilitas. Anda dapat menemukan di sini beberapa ulasan menarik tentang layanan hosting WordPress terbaik.

Singkatnya

Kesimpulannya, dengan begitu banyak tawaran di luar sana, tidak masalah untuk memiliki pemikiran yang bertentangan tentang keputusan tema Anda. Berdasarkan pengalaman, saya katakan bahwa Anda tidak akan pergi ke mana pun tanpa menguji dan menganalisis data. Jadi, ikuti 10 tips ini untuk memilih tema WordPress yang tepat, lalu pilih templat favorit Anda, dan uji mereka. Pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan situs Anda, dengan navigasi yang mudah, alat premium, dan opsi gaya tak terbatas

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *