8 Tips Pemasaran Konten Startup Anda Perlu Mulai Ikuti Hari Ini

8 Tips Pemasaran Konten Startup Anda Perlu Mulai Ikuti Hari Ini

Dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan yang signifikan dalam jumlah startup dan proyek bisnis kecil. Ini membawa kita ke peningkatan persaingan di hampir setiap industri. Jika Anda beroperasi pada startup atau proyek wirausaha baru dan Anda berjuang untuk meningkatkannya, memiliki strategi pemasaran inbound yang kuat adalah suatu keharusan.

 

Inbound marketing melakukan upaya untuk mendapatkan perhatian semua orang dan membuat bisnis Anda mudah ditemukan. Dengan kata lain, pemasaran masuk menarik pelanggan ke produk / merek Anda dengan membagikan konten yang menurut mereka berguna. Kedengarannya seperti pemasaran konten? Anda hampir benar.

Pemasaran konten adalah bagian penting dari strategi pemasaran masuk Anda. Membuat dan mendistribusikan konten yang baik membantu mengarahkan lalu lintas, prospek, penjualan, serta meningkatkan kesadaran merek. Tapi itu tidak semudah kedengarannya, terutama untuk startup.

Dalam posting blog ini, kami akan memberi Anda 8 tips pemasaran konten yang disesuaikan untuk pemula untuk meningkatkan visibilitas mereka dan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi. Dengan mengingat hal itu, mari selami apa yang perlu Anda lakukan untuk berada di jalur yang benar untuk kesuksesan startup.

Ikuti perkembangan tren

Setiap industri memiliki serangkaian tren, topik viral, dan terobosan terbaru. Sebagai bagian dari strategi pemasaran konten Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda tetap terhubung dengan apa yang baru di industri Anda.

Kiat: Jangan membuat kesalahan pemasaran konten yang paling jelas. Pertimbangkan outlet berita populer berikut ini, blog, dan forum untuk mengetahui apa yang sedang tren saat ini.

Buat konten yang mencerminkan merek Anda

Setiap merek memiliki cerita dan suaranya sendiri. Sekarang, ketika Anda membuat konten pemasaran bermerek untuk startup Anda, Anda harus memastikan bahwa konten yang secara harfiah mencerminkan cerita dan suara merek Anda di dalamnya. Melakukan hal ini akan memungkinkan Anda untuk menjadi berbeda dan membuat konten Anda dikenali oleh audiens baru dan berulang.

Kiat: Selain merangkul strategi konten yang digerakkan oleh merek, beri tahu pembuat konten, perancang, dan copywriter Anda untuk menemukan jalan mereka ke detail teknis seperti menggunakan font, palet warna, tipe format, dll dan membuatnya terlihat seperti merek Anda.

Buktikan konten Anda dengan SEO

Kreativitas itu penting, tetapi begitu juga SEO. Tidak peduli seberapa kreatif konten Anda — jika tidak dioptimalkan untuk peringkat SEO yang lebih tinggi, itu tidak akan berfungsi. Anda perlu memanfaatkan platform seperti Google Keyword Planner dan SEMrush. Identifikasi kata kunci apa yang sedang tren di industri Anda dan cenderung untuk membuat merek Anda terdaftar di halaman pertama mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.

Kiat: Fokus pada penelitian khalayak, penelitian kata kunci, dan penelitian topik — dalam urutan yang tepat. Selanjutnya

Tulis posting blog bentuk panjang (2.000 kata atau lebih)
Temukan topik dengan banyak sisi dan sudut
Memformat konten untuk cuplikan unggulan
Pertahankan kerapatan kata kunci alami dan hindari isian kata kunci
Tingkatkan kecepatan halaman Anda
Tambahkan visual yang dirancang dengan baik, berkualitas tinggi ke konten Anda

Ikuti model AIDA

Mari jujur ​​di sini, Anda tidak menulis dan mendistribusikan konten untuk amal – Anda ingin konversi. Sekarang, AIDA adalah salah satu pendekatan paling umum dalam pemasaran digital, strategi penjualan, dan kampanye hubungan masyarakat. AIDA pada dasarnya menjelaskan berbagai tahapan saluran konversi pelanggan. Ini adalah akronim yang berarti:

A adalah singkatan dari Awareness i.e. “menarik perhatian”
Saya adalah singkatan dari Bunga yaitu “Menjaga minat”
D adalah singkatan Desire i.e. “Create desire”
A adalah singkatan dari Action i.e. “Take action”
Kiat: Inilah cara Anda dapat menggunakan model AIDA:

Menarik perhatian: Teori “Gangguan Kreatif” adalah salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka sadar akan merek / produk Anda. Contoh: buat buletin bertema, pesan yang sangat bertarget, atau gambar pada halaman arahan.
Pertahankan minat: Langkah selanjutnya adalah mempertahankan minat dan ini umumnya merupakan bagian tersulit. Di sinilah Anda harus fokus pada hal-hal yang relevan. Dengan kata-kata sederhana, beri tahu orang-orang apa yang menurut mereka paling menarik dalam merek / produk Anda. Contoh: Kampanye iklan Wendy “Where’s the beef?” – kampanye terperinci yang berfokus pada fakta bahwa hamburger Wendy memiliki lebih banyak daging sapi daripada yang lain.
Buat keinginan: Setelah Anda mendapatkan perhatian audiens target Anda, Anda perlu menemukan cara untuk membujuk mereka untuk menyadari bahwa mereka ingin memiliki produk / layanan Anda. Memposting konten infomersial di media sosial, menambahkan CTA yang lebih meyakinkan dan dapat dikaitkan ke blog dan artikel Anda, dan membuat blogger terkenal untuk menggunakan dan berbicara tentang produk Anda adalah cara yang bagus untuk meyakinkan pelanggan bahwa mereka benar-benar membutuhkan layanan Anda.
Ambil tindakan: Tahap terakhir dari model AIDA adalah membuat pelanggan memulai tindakan. Di sinilah “konversi” yang banyak ditunggu terjadi. Menggunakan trik seperti “PENAWARAN WAKTU TERBATAS” dan “PENGIRIMAN GRATIS” adalah cara yang bagus untuk menciptakan rasa urgensi dan memotivasi pelanggan untuk mengambil tindakan.

Menjadwalkan penerbitan konten

Sebagai startup, penting bagi Anda untuk mempublikasikan konten baru dengan nama startup Anda di berbagai platform. Namun yang jelas, ada terlalu banyak platform yang harus Anda, penulis, dan desainer Anda lacak. Membuat kalender konten membuatnya lebih mudah bagi semua orang untuk menjaga kecepatan penerbitan konten dan menjaga seluruh proses penulisan tetap teratur.

Kiat: Jangan repot-repot menggunakan kalender kertas atau perencana manual juga. Ada cara yang lebih baik untuk membuat dan mengelola kalender konten, termasuk menggunakan platform seperti ProofHub, Trust My Paper, dan Evernote.

Promosikan budaya internal Anda

Pemasaran konten tidak selalu berarti bahwa Anda harus memberi merek dan membual tentang produk atau layanan Anda. Terkadang, Anda bisa mencari artikel opini, artikel diskusi dan artikel berita umum tentang industri tertentu. Anda dapat menggunakan blog situs web Anda untuk berbicara tentang budaya startup Anda dan tujuan masa depan — hanya untuk membangkitkan minat pihak ketiga dan audiensi potensial.

Kiat: Saat membuat blog, gunakan CMS yang mudah digunakan seperti WordPress. Jadikan blog Anda mudah dibaca dan berlangganan.

Curi perhatian di media sosial

Platform seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, dll tidak diragukan lagi salah satu platform pemasaran digital yang paling kuat di luar sana. Memiliki kehadiran yang dapat diamati pada masing-masing platform sosial ini dan berbagi konten pemasaran baru adalah peluang yang sangat baik bagi startup Anda untuk memasuki pasar global.

Kiat: Menerbitkan pos, meningkatkan keterlibatan, memantau audiensi — manajemen media sosial dapat dengan mudah menjadi aspek pekerjaan Anda yang luar biasa. Namun, ada banyak alat manajemen media sosial di luar sana yang dapat membantu Anda menjangkau audiens yang tepat pada waktu yang tepat dengan jenis konten yang tepat.

Hubungi influencer

Pernahkah Anda mendengar tentang pemasaran influencer media sosial? Jika tidak, maka Anda perlu melakukan riset. Menurut survei terbaru oleh Nielsen — hanya 33% konsumen yang mempercayai iklan, sementara lebih dari 90% konsumen menaruh kepercayaan pada rekomendasi rekan. Dan itulah yang membuat pemasaran influencer begitu penting saat ini. Berkolaborasi dengan pengusaha dan influencer lokal dan meminta mereka berbicara tentang merek atau produk Anda “sangat berpengaruh”. Terus terang, pemasaran media sosial dan pemasaran konten sering berjalan seiring dengan pemasaran influencer.

Kiat: Bentang pengaruh sosial lebih besar dari yang dapat Anda bayangkan. Pastikan Anda memilih pengaruh yang paling sesuai dengan merek, saluran, dan industri Anda. Untuk bantuan, pertimbangkan untuk menggunakan alat pemasaran influencer khusus seperti BuzzSumo, Upfluence, BuzzStream, FameBit, Pitchbox, dll.

Kesimpulan

Pemasaran konten sedang tren dan sepertinya tidak akan hilang dalam waktu dekat. Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan reputasi startup Anda, silakan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *